Menikmati pahala dunia dan meraih pahala akhirat dengan penguasaan ilmu pengetahuan, keterampilan dan integritas iman

By Dana Anwari. Berusaha adalah mengerahkan tenaga dan pikiran serta jiwa untuk mencapai suatu kesuksesan. Di dalamnya ada prakarsa, ikhtiar, perbuatan dan daya upaya untuk mengurus dan mengatur, membuat, mengerjakan serta melaksanakan.

Kompetensi sungguh diperlukan dalam berusaha karena kita menjadi berkuasa memutuskan dengan dukungan pengetahuan, keterampilan, dan integritas iman.
Tanpa pengetahuan yang cukup, sulit rasanya mencapai impian yang diidamkan. Tanpa keterampilan, penyelesaian tugas kita mengabaikan efisiensi waktu, tenaga dan biaya.

Sedangkan Integritas merupakan jiwa yang sehat dari suatu usaha karena disinilah terletak keterpaduan, kebulatan, keutuhan yang dibangun dengan kejujuran dan rasa menjunjung keimanan.
Bila usaha kita baik maka akan mendapat ganjaran yang baik, begitu pun sebaliknya.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.(QS Al Baqarah:286)

Bagaimanakah menghadapi hasil akhir dari suatu usaha?

Jangan terlalu gembira dengan apa yang sudah berhasil diraih. Jangan pula menjadi pesimis dengan kegagalan yang dialami. Karena hidup di dunia adalah usaha yang tidak pernah berhenti untuk meraih keberuntungan-Nya.
Bila kita sudah berhasil mendapat pahala atau ganjaran perbuatan baik di dunia, kita tidak boleh merasa cukup dan kemudian merasa sudah sempurna. Ganjaran atau pahala yang paling sempurna adalah pahala akhirat.
Iman kita mengajak kepada sikap rendah hati. Sehingga kita bisa tahu kekurangan diri kita untuk lebih berusaha mencapai kesempurnaan hingga kiamat dan hisab Allah mengakhirinya.
suksesusahasukses.blogspot.com
*

No comments:

ReadTheQuran